Monday, April 11, 2016

Pengetahuan dasar menghias tart dengan menggunakan buttercream


1.    Penampilan
     Penamilan dalam menghias tart dapat menentukan nilai nominal dari hasil menghias tart. Penampilan yang sederhana pada tart yang dihias belum tentu mempunyai nilai jual rendah tetapi dapat dikatakan simple dan elegant sehingga mempunyai nilai jual tinggi. Selain sedrhana tart dapat dibuat dengan penampilan yang terkesan mewah. Mewah dalam arti bentuk dekorasinya, yang tentunya dapat mempengaruhi nilai jual.


2.    Disain
     Disain cake yang dapat diterima oleh konsumen adalah disain yang sederhana dalam bentuk dan mempunyai daya tarik. Dalam mendesain cake harus disesuaikan dengan bentuk tart dan tujuan menghias tart. Bentuk cake bundar dengan segiempat yang mempunyai garis tegas. Sedangkan tujuan tart dibuat juga menentukan desain yang akan di buat
3.    Tekstur
Tekstur adalah bayangan yang beaturan dengan pola tertentu diatas permukaan cake. Tekstur dapat tercipta dengan mengkombinasikan berbagai bahan pelapis atau bahan dekorasi sesuai keinginan.
4.    Warna
Warna merupakan kunci utama dalam dekorasi tart, dengan warna akan menghasilkan hiasan yang lebih menarik.
Ahli sains Sir Isaac Newton berhasil menemukan klasifikasi sumber warna, dengan penemuanya melalui kaca prisma yang berhasil mnemukan garis warna pada saat terjadinya pelangi. Warna-warna tersebut adalah merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan unggu, Pembagian warna:
a.                                            Primary color (warna utama)
          Merah, kuning dan biru, dari ketiga warna tersebut akan didapatkan warna-warna lainya.
b.    Secondary color (warna kedua)
          Warna yang dihasilkan dari campuran 2 warna utama. Campuran merah dan kuning, akan menghasilkan orange, kuning, dan biru menghasilkan hijau, merah dan biru menghasilkan violet.

c.    Tertiary  color (warna ketiga)
          Dihasilkan dari campuran warna primer dan secondary. Jenis warna ini kurang cocok untuk warna makanan dan jarang dipakai untuk hiasan kue kecuali warna kopi dan coklat.
d.    Warna netral

          Warna hitam, putih, dan abu-abu merupakan warna netral atau disebut juga warna acromatic, warna perak dan emas juga dapat dikelompokan dengan wana netral.

0 comments:

Post a Comment