Monday, April 11, 2016

Macam-macam teknik menghias tart dengan menggunakan buttercream

1.    Macam-macam teknik menghias tart dengan menggunakan buttercream
a.    Kekentalan cream
Untuk memperoleh tekstur cream yang diinginkan dapat diperoleh dengan pengkocokan yang memperhatikan waktu pengocokan. Semakin lama pengocokan dan semakin tinggi kecepatannya akan menghasilkan tekstur cream yang kental. Tingkat kekentalan cream mempunyai fungsi yang berbeda-beda dalam membuat hiasan tart. Untuk membuat hiasan berbentuk bunga memerlukan cream yang lebih kental agar kelopak bunga dan daun tidak mudah lemas. Cream dengan kekentalan sedang digunakan untuk mnghias bagian sisi, sudut bawh dan atas cake. Sedangkan cream yang encer digunakan untuk membuat tulisan.

b.    Posisi yang tepat
Posisi dalam menghias tart menentukan hasil jadi dari hiasan yang dibuat. Posisi yang dimaksud adalah posisi pada waktu memoles juga posisi pada waktu menghias. Posisi mengoles dibahas pada bahasan Teknik mengoles dan posisi mnghias dibahas pada teknik menggunakan piping bag. Posisi mngoles dan posisi membuat hiasan akan dikuasai dengan baik jika memperhatikan langkah demi langkah dan melakukan praktik membuat hiasan.





c.    Mengendalikan tekanan

Besar kecilnya tekanan pada kantong piping bag menentukan ukuran dan keseragaman tiap desain yang menggunakan cream. Semakin lama menekan pada tempat yang sama akan membentuk model tali, corelli, dan renda atau ekor, sedangkan tekanan yang ringan membentuk kerang yang kecil. Selain tekanan, arah dan goyangan tangan juga juga brpengaruh pada hasil spuit.

0 comments:

Post a Comment